Definisi
·
Menurut para
ahli :
Menurut Ruben
dan Steward Komunikasi adalah suatu proses mengaitkan individu yang satu dengan
individu yang lainnya dalam suatu komunitas, kelompok, organisasi dan
masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan tujuan beradaptasi dengan
lingkungan yang satu dengan lainnya.
Menurut Rogers & O. Lawrence Kincaid Komunikasi
merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang
membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada
akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti.
Menurut COLIN
CHERLY Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi
dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan
yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
Menurut GERALD
R. MILLER Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada
penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Menurut William
F. Glueck (Manajemen) Komunikasi dapat dibagi menjadi dua yaitu Interpersonal
Communications dan Organization Communications. Interpersonal Communications
adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang
atau lebih dalam kelompok kecil manusia. Sedangkan Organization Communications
adalah dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan
pengertian kepada orang banyak dalam organisasi dan kepada pribadi-pribadi
serta lembaga-lembaga di luar yang ada hubungannya.
- Menurut perilaku, komunikasi dapat dibedakan menjadi :
a. Komunikasi formal
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi /
perusahaan yang tau caranya telah diatur dalam struktur organisasinya, misalnya
rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar dan sebagainya.
b. Komunikasi informal
Komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi atau
perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak mendapat
pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi
atau perusahaan, misalnya kabar burung, desas-desus, dan sebagainya.
c. Komunikasi nonformal
d. Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat
formal dan informal, yaitu komunikasi yang
berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau
perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau
perusahaan tersebut, misalnya rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan
sebagainya.
Maka dapat
diketahui bahwa komunikasi formal, informal dan nonformal saling berhubungan,
dimana komunikasi nonformal merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan
komunikasi informal yang dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, serta
dapat mengarahkan komunikasi informal kepada komunikasi formal.
Dalam
komunikasi terdapat 5 tingkatan komunikasi yaitu sebagai berikut:
- Komunikasi massa bisa diartikan sebagai suatu jenis komunikasi yang diperuntukkan pada ruang lingkungan hidup yang lebih luas dari jenis-jenis komunikasi yang ada sebelumnya dan dilakukan melalui sebuah perantara yaitu media cetak maupun media elektronik sehingga pesan yang sama bisa diterima dengan cepat dan serentak.
- Komunikasi organisasi bisa dimakna sebagai jenis komunikasi dilakukan untuk memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Komunikasi dapat terjadi dalam penerimaan dan pengirim berbagai informasi organisasi dalam sebuah kelompok informal maupun formal dari sebuah organisasi dengan jumlah anggota relatif sedikit. Jenis komunikasi ini dapat dilakukan dengan lebih dari 2 orang tetapi mempunyai ruang lingkungan hidup yang kecil, dimana setiap individu memiliki pandangan dari setiap informasi yang disampaikan.
- Komunikasi antarpribadi bisa dimaknai sebagai jenis komunikasi yang dilakukan oleh seseorang dengan yang lain secara personal. Jenis komunikasi antarpribadi ini dapat dilakukan dengan cara bertatap muka dua orang namun biasanya tidak dilakukan secara tatap muka.
- Komunikasi intrapribadi yaitu suatu jenis komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang seperti proses dalam mengolah informasi melalui sistem sara dan pancaindra manusia. Jenis komunikasi ini dapat dilakukan kepada satu orang saja, misalnya berkomunikasi dengan diri sendiri atau sedang mengkhayal.
- Komunikasi yang efektif harus dilaksanakan dengan empat tahap yaitu pengumpulan fakta, perencanaan, komunikasi dan evaluasi.
- DIMENSI KOMUNIKASI
Dimensi Isi
Dimensi isi disandi secara verbal dan menunjukkan muatan
(isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan. Dalam komunikasi massa, dimensi isi
merujuk pada isi pesan.
Dimensi Arah
Komunikasi dalam konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu
komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah merupakan
satu orang memberikan informasi kepada orang lainnya tanpa ada timbal balik, sedangkan
komunikasi dua arah merupakan komunikasi dimana satu orang memberikan informasi
ke orang lain, dan orang lain juga memberikan informasi, sehingga terjadi
pertukaran informasi diantara keduanya.
Dimensi Kebisingan
Tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan
komunikasi.
Dimensi Jaringan
Sampai sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan
informasinya dalam melakukkan komunikasi diantaranya ada komunikasi yang
bergantung pada (jaringan satelit)
Basuki, Heru. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma
Marnis. 2009. Pengantar Manajemen. Pekanbaru. PT Panca Abdi Nurgama
Stoner, James A.F. 1996. Manajemen. Erlangga: Jakarta
Leavit . J, Harold. 1978. Psikologi Manajemen. Erlangga: JAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar